Sains

Misteri

Fauna

Recent Posts

Ini Dia Daftar Makanan yang Bisa Bikin Tidurmu Nyenyak!

April 19, 2018 Add Comment
Tidur nyenyak bagi sebagian orang merupakan kemewahan. Faktanya, tidur merupakan waktu untuk sel dari tubuh termasuk sel otak untuk bisa pulih.

Kekurangan tidur dapat membuat badan anda lemas, pusing, dan tidak fokus pada pagi harinya, sebagaimana dikutip dari Healthmeup.

Untuk membuat anda dapat tidur lebih nyenyak, tanpa meminum obat tidur, lebih baik anda memakan makanan berikut ini sebelum beranjak tidur sebagai penggantinya.


1. Kacang Almond


Kacang segar, terutama almond, dianggap sebagai "makanan berkhasiat" untuk membantu anda tidur lebih nyenyak. Kandungan magnesium dalam kacang mencegah anda memiliki masalah tidur dan memicu relaksasi otot.

Kandungan protein di dalamnya juga membantu menstabilkan tingkat gula darah selama tidur. Disarankan untuk memakan almond setidaknya 2-3 jam sebelum tidur.

2. Sereal


Penelitian baru-baru ini menunjukan bahwa sereal rendah gula dapat juga membantu anda tidur lebih nyenyak. Salah satunya sereal dengan topping yoghurt.

Kombinasi keduanya dapat membantu mengaktifkan serotonin di otak yang bertanggungjawab untuk menstabilkan 'mood' dan menciptakan kualitas tidur yang lebih baik. Ketika tingkat dari serotonin di tubuh sangat tinggi, maka anda akan merasa ngantuk.

3. Telur Rebus


Jika anda bangun dan merasa lapar di tengah malam, anda mungkin memakan makanan tertentu. Pilihan terbaiknya adalah telur rebus.

Tingginya kandungan protein dalam telur membantu memperbaiki kualitas tidur dan menjaga kesehatan tubuh, sehingga hal itu memberikan anda perlindungan yang lengkap. Meski begitu, jika anda memiliki masalah kolesterol tinggi, disarankan untuk mengkonsumsi putih telurnya saja.

4. Madu


Tambahkan madu ke dalam teh sembari menikmati roti kesukaan anda. Madu dapat memperbaiki kualitas tidur. Kealamian untuk menstimulasi tidur dalam madu bisa menjadi solusi.

5. Popcorn


Popcorn mengandung cukup karbohidrat untuk membantu memastikan asupan yang memadai dari trytophan (asam amino) untuk otak.

Asam amino ini digunakan untuk menghasilkan serotonin, yang menstimulasi anda untuk tidur. Sehingga, tak ada masalah bila memakan popcorn sebelum tidur, selama tak ada tambahan mentega atau gula.

Inilah Penyebab Warna Daging Berbeda-Beda

April 19, 2018 Add Comment
Jika kamu bukan tergolong vegetarian, kamu tentu pernah, bahkan mungkin sering dan suka sekali makan daging. Ya, banyak jenis daging yang biasa dikonsumsi manusia, mulai dari daging sapi, ayam, kambing, sampai ikan dan hewan laut lainnya.

Bagi yang suka makan daging, tentu tidak susah untuk membedakan daging-daging tersebut karena warnanya berbeda-beda. Sebagian daging cenderung berwarna kemerahan saat mentah dan berubah menjadi kecoklatan saat dimasak.


Sebagian lagi berwarna merah muda saat mentah dan menjadi putih setelah dimasak. Hmm, kok bisa ya daging-daging hewan ini beda-beda warnanya?

Secara umum, daging hewan itu berwarna kemerahan. Pasti ini karena terdapat kandungan darah hewan dalam daging itu ya? Eh, ternyata bukan itu penyebabnya. Lalu apa dong penyebab warna merah ini?

Penyebab warna kemerahan dalam daging adalah sebuah zat bernama myoglobin. Apakah ada hubungannya dengan zat hemoglobin yang terdapat dalam darah?

Ya, keduanya sama-sama zat yang mengikat oksigen, mengandung zat besi, dan berwarna kemerahan. Bedanya, myoglobin akan mengikat oksigen dan menyimpannya di dalam otot.

Dengan adanya myoglobin ini, otot dapat menggunakan oksigen kapanpun ia perlu, tanpa harus menunggu pasokan oksigen dari hemoglobin terlebih dahulu. Hal ini sangat menguntungkan terutama saat otot harus melakukan gerakan yang cukup menguras tenaga.

Tiap hewan memiliki kadar myoglobin yang berbeda-beda. Umumnya, semakin aktif hewan tersebut bergerak, semakin banyak pula kandungan myoglobin dalam ototnya. Sapi dan kambing mengandung myoglobin yang cukup banyak, sehingga dagingnya kemerahan.

Beda dengan daging ikan yang mengandung myoglobin lebih sedikit sehingga dagingnya lebih putih. Meski demikian, ikan tertentu yang tergolong perenang aktif memiliki myoglobin yang lebih banyak daripada ikan pada umumnya sehingga dagingnya lebih kemerahan.

http://whatthehealthmag.files.wordpress.com/2011/12/sushi.jpg

Sementara itu, ayam juga memiliki myoglobin yang sedikit sehingga dagingnya berwarna putih. Akan tetapi, di bagian paha dan leher ayam, myoglobin-nya cukup banyak karena kedua bagian tersebut sering digunakan untuk bergerak. Itulah mengapa daging paha dan leher ayam berwarna kemerahan dibandingkan bagian lain.



Sumber :
sains.me

7 Cara yang Dipake Orang Indonesia untuk Berobat Tanpa Minum Obat

April 19, 2018 Add Comment

Meskipun komputer, internet, dan kecanggihan teknologi udah menginvasi dunia ini, tapi hal tersebut gak membuat hal-hal mitos hilang gitu aja. Terutama kalo untuk urusan kesehatan nih ya, orang Indonesia pasti masih memegang teguh cara pengobatan yang udah dilakukannya sejak dulu yang katanya udah terbukti manjur. Bahkan gak perlu minum obat!


1. Minum Air Jampi-jampi

Jampi-jampi di sini biasanya adalah air yang udah didoakan, misalnya airnya tuh air putih biasa, tapi terus segelas air itu ditaruh di hadapan orang yang membaca doa-doa tertentu. Nah meminum airnya itu lah yang dipercaya bisa menyembuhkan penyakit yang diderita.

2. Diurut


Jatoh dari motor, diurut. Sakit perut, diurut. Patah tulang pun diurut! Sungguh sangat fenomenal. Entah bener apa enggak metode si tukang urut, pokoknya kalo sakit yang agak parah gitu langsung minta dipijit. Nanti si tukang urutnya suka ngasih diagnosa gitu sambil mencet-mencet kaki. “Wah ini lambungnya nih!” atau “Mas sering begadang ya?” gitu. Padahal sih liat mata pandanya aja kali tuh jadi tau kalo sering begadang.

3. Minum Ramuan Herbal

Ramuan herbal seperti jamu memang dipercaya bisa menyembuhkan berbagai keluhan. Tapi, ramuan herbal ini malah sekarang udah banyak yang bentuknya kayak obat (kapsul, tablet, kaplet), yang katanya bisa menyembuhkan segala macem penyakit mulai dari yang sekedar flu sampe yang separah kanker. Tapi kalo obat ini beneran mujarab (sampe bisa nyembuhin kanker), kenapa dokter dan rumah sakit gak merekomendasikan ya?

4. Dikerok


Obat paling ampuh kalo masuk angin. Padahal istilah masuk angin sendiri gak ada di kedokteran. Ada yang bilang dikerok gak boleh sering-sering karena gesekan antara koin dan kulit itu malah bikin pembuluh darah pecah. Tapi karena dikerok itu enak, maka orang jadi kayak merasakan placebo effect aja gitu.

5. Ke “Orang Pinter”

Mau apa pun sakitnya, berobat ke orang yang “bisa” tuh pasti jadi pilihan, karena orang-orang udah parno duluan sama mahalnya biaya ke dokter. Karena lebih murah itulah makanya banyak yang pengen datengin dulu orang pinter sampe dirasa sakitnya berkurang. Tapi kalo gak sembuh-sembuh atau malah bahkan tambah parah sakitnya, ujung-ujungnya ya ke dokter juga.

6. Ganti Nama


Ada yang bilang kalo bayi atau anak kecil sering sakit-sakitan gitu karena namanya yang terlalu berat. Maka ada ritual ganti nama dari yang katanya namanya berat dan bikin sakit itu ke nama yang lebih ringan. Biasanya pake ritual beras merah dan beras putih, dan ke kantor kelurahan/kecamatan tentunya buat ganti kartu keluarga dan akta kelahiran.

7. Makan Masakan Mama

Kadang, sakit itu bukan melulu masalah fisik. Gak selalu karena ada penyakit yang dateng menghampiri. Bisa jadi karena masalah hati. Maka masakan mama yang selalu terasa nyaman itu bisa jadi obat yang paling mujarab yang bisa bikin hati jadi tenang. Duh, kok jadi mellow.

Yah, emang banyak alternatif yang dilakukan sama orang Indonesia biar sembuh tanpa harus ke dokter dan menebus obat. Biasanya daripada keluar biaya mahal, mending yang murah aja. Meskipun belum tentu kemujarabannya, ya jalanin aja dulu. Kalo udah tambah parah baru deh kapok dan ke dokter.

Cara Alami untuk Hadapi Kulit Berminyak

April 18, 2018 Add Comment

Kulit wajah berminyak bisa membuat penampilan tidak optimal. Terdapat berbagai produk perawatan wajah yang ditujukan mengurangi produksi minyak, hanya saja kebanyakan dari produk perawatan wajah tersebut berbahan dasar kimia.

Alih-alih menggunakan produk yang mengandung bahan kimia, Anda bisa menghilangkan kelebihan minyak pada wajah dengan cara alami. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Cuci wajah setidaknya sekali sehari dan idealnya dua kali sehari.
Minyak pada wajah dapat menjebak kotoran dan partikel lainnya, yang pada gilirannya menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat.

2. Gunakan pembersih wajah dengan exfoliator kulit dan gunakan dengan lembut.
Exfoliating (pengelupas kulit) berfungsi menghilangkan sel-sel kulit mati dan minyak.

3. Cobalah untuk menggunakan air hangat ketika membersihkan wajah.
Air hangat lebih efektif mengurangi minyak dibandingkan dengan air dingin

4. Gunakan masker lumpur atau masker tanah liat setidaknya dua kali seminggu.


Masker berguna menyerap kelebihan minyak dan membuat kulit terasa halus dan segar.


5. Gunakan putih telur
Setelah dipisahkan dari kuningnya, kocok putih telur tersebut hingga terbentuk busa. Oleskan ke wajah dan biarkan kering kemudian bilas dengan air.

Sebagai variasi, putih telur bisa ditambahkan dengan 1 sendok teh jus lemon dan 1 sendok teh madu. Oleskan ke wajah dan bilas setelah 15 menit dengan air hangat.


6. Gunakan Sari Lemon
Campur sari lemon dan air dalam perbandingan yang sama dan oleskan pada wajah menggunakan kapas. Biarkan hingga kering, kemudian bilas dengan air dingin.


7. Gunakan Buttermilk
Rendam bola kapas dalam buttermilk dan oleskan pada wajah. Biarkan selama 20 menit kemudian bilas dengan air hangat.

8. Gunakan Kentang
Iris kentang dan gosokkan ke wajah. Biarkan air kentang membasahi semua bagian wajah. Diamkan sampai kering kemudian bilas dengan air hangat.


Nah itu dia cara-cara alami yang bisa kamu coba untuk menghadapi kulit berminyak. Jauh lebih ribet daripada kosmetik berbahan kimia sih, tapi jauh lebih aman juga!

Basenji, Anjing yang Tidak Menggonggong

April 18, 2018 Add Comment

Anjing adalah hewan yang sangat akrab dengan manusia dan sering dijadikan peliharaan. Kamu pernah mendengar tentang anjing Basenji? Mungkin pernah, mungkin juga tidak. Anjing punya ekpresi ketika mereka sedang bermain dan ketika marah, yaitu dengan cara menggonggong. Berbeda dengan anjing biasanya, anjing Basenji ternyata tidak bisa mengonggong. Nah lho, kok gitu?

Anjing Basenji disebut juga dengan “barkless dog” atau “voiceless dog” atau dalam bahasa Indonesia berarti anjing tanpa suara. Yang lebih unik lagi, anjing ini akan mengeluarkan suara seperti manusia menangis atau tertawa ketika mereka mengekspresikan rasa marah atau rasa senang. Selain itu, Anjing Basenji memiliki tingkah laku seperti kucing, dimana dia suka menjilati tubuhnya, dan suka termenung diam memandangi jendela seperti yang dilakukan oleh kucing.




Anjing ini memiliki ukuran yang agak kecil, dimana tengkorak kepalanya datar dan panjang serta moncongnya berbentuk bulat. Barkless Dog ini memiliki tinggi badan antara 40 cm sampai 43 cm dengan berat sekitar 11 kilogram.

Bulu di tubuhnya bertekstur halus dan pendek. Warna bulunya biasanya cokelat kemerahan, hitam, putih, atau hitam dan cokelat. Biasanya bagian dada, kaki, dan ujung ekor anjing ini berwarna putih.


Salah Satu Ras Anjing Tertua

Anjing Basenji disebut-sebut sebagai salah satu ras anjing tertua di dunia. Anjing ini berasal dari Afrika tengah, Basenji, dan biasanya diberikan pada para firaun sebagai hadiah pada jaman Mesir kuno. Namun, setelah peradaban Mesir berhenti, Anjing ini menjadi anjing peliharaan dan sering digunakan untuk keperluan berburu.

Pada abad ke-19, para penjelajah dari Inggris menemukan kembali Anjing Besenji ini. Voiceless Dog ini sempat dipelihara dan dikembangbiakkan hingga tahun 1940-an. Sekitar tahun 1980, Anjing Basenji hampir mengalami kepunahan karena adanya sindrom fanconi yang merupakan penyakit keturunan dari ras anjing tersebut.

Sekian dulu informasi tentang Anjing Basenji yang tidak bisa menggonggong. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat buat kamu. Jangan lupa untuk like dan membagi informasi ini pada teman-teman kamu ya.