Selir Raja Henry II Meninggal Karena Minum Emas?

February 09, 2010

Meminum emas menjadi metode terapi kecantikan populer pada abad ke-16 (Foto: Daily Mail)
PARIS - Bukan hal aneh jika emas dipakai sebagai perhiasan untuk mempercantik wanita. Namun temuan terbaru ini mungkin akan membuat sebagian orang heran.

Ilmuwan Prancis menemukan bukti bahwa selir Raja Henry II, Diane de Poitiers semasa hidupnya memiliki kebiasaan meminum emas cair agar awet muda dan terlihat cantik. Namun tragisnya, kebiasaan itu juga yang kemudian membunuhnya.

Hal ini terungkap setelah mereka melakukan otopsi dan penelitian terhadap sisa jasad Diane yang ditemukan pada penggalian situs bersejarah tahun lalu.

Dalam studi yang dipublikasikan dalam British Medical Journal, para ilmuwan memberikan laporan bahwa mereka menemukan kandungan bahan emas tingkat tinggi di kepala dan rambut Diane. Demikian keterangan yang dikutip dari Daily Mail, Rabu (23/12/2009).

Karena dia bukan seorang Ratu dan tidak menggunakan mahkota, para ilmuwan menyebutkan mustahil jika emas tersebut berasal dari mahkota yang mencemari rambut dan tubuhnya.

Dari hasil penelitian, para ahli menduga semasa hidupnya selir Raja Prancis abad ke-16 itu rutin meneguk bahan emas yang dapat diminum. Kebiasaan itu dipercaya bisa memelihara wajah agar tetap awet muda dan mengobati penyakit tertentu.

Ahli forensik Prancis yang turut dalam penelitian ini menemukan terdapat sisa kandungan merkuri pada tulang belulang Diane. Bahan merkuri ini umum digunakan untuk persiapan terapi pengobatan menggunakan bahan emas.

Dari penelitian sisa jasadnya, nampak bahwa Diane menderita kerapuhan tulang dan penipisan rambut. Padahal semasa hidupnya, dia dikenal senang berolahraga. Para ahli menyebutkan, hal ini merupakan tanda umum gejala 'mabuk' emas yang sudah kronis.

Data kontemporer juga menyebutkan, saat meninggal, Diane nampak muda seperti masih berusia 30 tahun. Padahal saat itu, Diane meninggal pada usia 66 tahun. (rah)

Share this

Lahir di Padang, Sumatera Barat pada akhir tahun 1993, blogger rupawan ini lebih dikenal dengan nickname hideatsa. Memiliki kredibilitas yang mumpuni dalam bidang copy-paste. Meskipun tampan, ia juga baik hati dan tidak sombong.

Related Posts

2 komentar

Write komentar
Anonymous
February 10, 2010 at 2:08 PM delete

yang ini kan pernah diposting gan..

Reply
avatar
February 11, 2010 at 8:07 PM delete

sori gan...ada sdikit kesalahan teknis..

Reply
avatar