Bocah Kecil yang Menjadi Target Pembunuhan

May 04, 2010
haxims.blogspot.com

Seorang bocah berusia 12 tahun kini menjadi target pembunuhan akibat tulisan di blognya. Tanpa takut bocah bernama Pocesta Rastko itu menentang pemerintah Serbia, dengan menginginkan pengakuan negara Kosovo.

Kalau dilihat, seorang anak yang terlihat lugu ini tidak mungkin menjadi target pembunuhan. Namun kaum Nasionalis Serbia yang berang pun, menjadi naik pitam dengan tulisannya.

Dalam blognya, ia menginginkan hubungan yang lebih baik antara Serbia dan Uni Eropa. Lantas ia pun meminta pengakuan atas negara Kosovo yang telah memisahkan diri, serta mengutuk pembantaian yang dilakukan negaranya.

"Saya seorang Serbia, tapi mengakui Kosovo sebagai negara merdeka," tulis Rastko dalam postingannya. Walau pemerin tah Serbia tak mengakui Kosovo, tapi Rastko menjelaskan bahwa ia punya pandangan lain dari negaranya. "Karena itu adalah masa depan kita, kita tidak bisa lagi melihat ke masa lalu, " tambahnya.

Tak terima dengan tulisan itu, seorang kaum nasionalis Serbia mengancam dengan balasan diblog tersebut. "Aku akan menunggumu didepan sekolah kemudian membunuhmu, " tulisnya. Ibu Rastko, Suzanna yang mengetahuinya, langsung menghubungi polisi setempat untuk meminta perlindungan.

"Saya seorang aktivis hak asasi manusia yang independen. Saya tak takut untuk berbeda pendapat dan saya anti-kekerasan," kata Rastko dalam sebuah wawancara dirumahnya yang sederhana di pusat kota Belgrade, Serbia. Dia mengungkapkan dengan nada suara yang bijaksana dan diplomatis jauh dari usianya.

"Aku memang sedikit khawatir. Tapi aku tak takut. Aku akan meneruskan apa yang aku lakukan. Mungkin ini sulit untuk ibuku karena dia seorang yang apatis, toh kebanyakan dari kita memang tidak setuju dengan politik," ucap bocah itu tanpa ragu.

Share this

Lahir di Padang, Sumatera Barat pada akhir tahun 1993, blogger rupawan ini lebih dikenal dengan nickname hideatsa. Memiliki kredibilitas yang mumpuni dalam bidang copy-paste. Meskipun tampan, ia juga baik hati dan tidak sombong.

Related Posts

3 komentar

Write komentar
Anonymous
May 8, 2010 at 1:27 AM delete

seandainya anak2 indonesia seperti ini?

Reply
avatar
Anonymous
May 10, 2010 at 4:12 PM delete

OMG... How come.? Great Great dah.. hmmm..

Reply
avatar
Anonymous
July 29, 2010 at 10:04 PM delete

hebat ya!!! moga - moga nanti anak gw kaya gitu pinter !!!

Reply
avatar