Lagu Anak-anak Yang Menyesatkan

June 16, 2010
Ternyata lagu anak-anak yang populer banyak mengandung kesalahan, mengajarkan kerancuan, dan menurunkan motivasi. Berikut buktinya:

1. “Balonku ada 5… rupa-rupa warnanya… merah, kuning, kelabu.. merah muda dan biru… meletus balon hijau, dorrrr!!!” Perhatikan warna-warna kelima balon tsb., kenapa tiba2 muncul warna hijau ? Jadi jumlah balon sebenarnya ada 6, bukan 5!

2. “Aku seorang kapiten… mempunyai pedang panjang… kalo berjalan prok..prok.. prok… aku seorang kapiten!” Perhatikan di bait pertama dia cerita tentang pedangnya, tapi di bait kedua dia cerita tentang sepatunya (inkonsistensi) . Harusnya dia tetap konsisten, misal jika ingin cerita tentang sepatunya seharusnya dia bernyanyi : “mempunyai sepatu baja (bukan pedang panjang)… kalo berjalan prok..prok.. prok..” nah, itu baru klop! jika ingin cerita tentang pedangnya, harusnya dia bernyanyi : “mempunyai pedang panjang… kalo berjalan ndul..gondal. .gandul.. atau srek.. srek.. srek..” itu baru sesuai dg kondisi pedang panjangnya!

3. “Bangun tidur ku terus mandi.. tidak lupa menggosok gigi.. habis mandi ku tolong ibu.. membersihkan tempat tidurku..” Perhatikan setelah habis mandi langsung membersihkan tempat tidur. Lagu ini membuat anak-anak tidak bisa terprogram secara baik dalam menyelesaikan tugasnya dan selalu terburu-buru. Sehabis mandi seharusnya si anak pakai baju dulu dan tidak langsung membersihkan tempat tidur dalam kondisi basah dan telanjang!

4. “Naik-naik ke puncak gunung.. tinggi.. tinggi sekali.. kiri kanan kulihat saja.. banyak pohon cemara.. 2X” Lagu ini dapat membuat anak kecil kehilangan konsentrasi, semangat dan motivasi! Pada awal lagu terkesan semangat akan mendaki gunung yang tinggi tetapi kemudian ternyata setelah melihat jalanan yg tajam mendaki lalu jadi bingung dan gak tau mau ngapain, bisanya cuma noleh ke kiri ke kanan aja, gak maju2!

5. “Naik kereta api tut..tut..tut. . siapa hendak turut ke Bandung .. Surabaya .. bolehlah naik dengan naik percuma.. ayo kawanku lekas naik.. keretaku tak berhenti lama” Nah, yg begini ini yg parah! mengajarkan anak-anak kalo sudah dewasa maunya gratis melulu. Pantesan PJKA rugi terus! terutama jalur Jakarta- Bandung dan Jakarta-Surabaya!

6. “Di pucuk pohon cempaka.. burung kutilang berbunyi.. bersiul2 sepanjang hari dg tak jemu2.. mengangguk2 sambil bernyanyi tri li li..li..li.. li..li..” Ini juga menyesatkan dan tidak mengajarkan kepada anak2 akan realita yg sebenarnya. Burung kutilang itu kalo nyanyi bunyinya cuit..cuit.. cuit..! kalo tri li li li li itu bunyi kalo yang nyanyi orang, bukan burung!

7. “Pok ame ame.. belalang kupu2.. siang makan nasi, kalo malam minum susu..”
Ini jelas lagu dewasa dan untuk konsumsi anak2! karena yg disebutkan di atas itu adalah kegiatan orang dewasa, bukan anak kecil. Kalo anak kecil, karena belom boleh maem nasi, jadi gak pagi gak malem ya minum susu!

8. “nina bobo oh nina bobo kalau tidak bobo digigit nyamuk”
Anak2 indonesia diajak tidur dgn lagu yg “mengancam”

9. “Bintang kecil dilangit yg biru…”
Bintang khan adanya malem, lah kalo malem bukannya langit item?

10. “Ibu kita Kartini…harum namanya.”
Namanya Kartini atau Harum?

11. “Pada hari minggu ku turut ayah ke kota. naik delman istimewa kududuk di muka.”
Nah,gak sopan khan..

12. “Cangkul-cangkul, cangkul yang dalam, menanam jagung dikebun kita…”
kalo mau nanam jagung, ngapain nyangkul dalam-dalam

source: http://unic66.blogspot.com/2010/01/12-lagu-anak-anak-yang-menyesatkan.html

www.asalkamutahuaja.blogspot.com

Share this

Related Posts

21 komentar

Write komentar
Anonymous
June 16, 2010 at 2:03 PM delete

hahahahaha!

Keren!!
Lucu, gan!!

Reply
avatar
June 16, 2010 at 4:19 PM delete

sempet juga gw kepikiran buat nulis tentang ini... tapi udah ada juga ternyata...
sedikit masukan:
yang bener cuma balonku.. tapi disitu salah bukan merah kuning kelabu merah muda dan biru yang bener HIJAU KUNING KELABU MERAH MUDA dan BIRU. Warna merah tersebut pertama karena kita sering keliru dengan lagu pelangi-pelangi. warna merahnya duluan kan yang disebut dalam lagu itu.
jadi lagu balon ku masih benar!!!

Reply
avatar
June 17, 2010 at 12:38 AM delete

ada ada aza...mencari-cari kesalahan...hehehehehe

Reply
avatar
June 17, 2010 at 8:29 AM delete

Judulnya jangan "Lagu Anak-anak yang Menyesatkan", kesannya koq terlalu serem gitu..

Reply
avatar
Rhe
June 17, 2010 at 8:34 AM delete

wah kayanya yang nulis salah tu, apa sering salah nyanyiin lagi baloonku,neh ane kasih liriknya ya gan
Balonku ada lima
Rupa-rupa warnanya
HIJAU kuning kelabu
Merah muda dan biru
Meletus balon hijau DOOOR
Hatiku sangat kacau
Balonku tinggal empat
Kupegang erat-erat

Reply
avatar
June 17, 2010 at 9:50 AM delete

ini bukan aku yang nulis..
maaf kalau ada kesalahan..
sumbernya ada di atas kok!

http://asalkamutahuaja.blogspot.com/

Reply
avatar
Uaya
June 17, 2010 at 9:57 AM delete

lucu bangett...
kreatif...!!
:)

Reply
avatar
Uaya
June 17, 2010 at 10:02 AM delete

ehhhmmm..
haloo.
mau nanya.
gimana ia,caranya reply email ini ke teman.

rep,

Reply
avatar
June 18, 2010 at 2:24 PM delete

wahh,,,ane jarang nyanyiin lagu balonku gan..
jadi rada2 gak tau gitu..wkakaka..

Reply
avatar
dewi
June 18, 2010 at 7:41 PM delete

mantap gan! g ngakak guling2 dari awal mulai baca ampe abis~ <--ini juga salah yah gan? mana bisa ngakak guling2 ambil liat en baca situs ini hua ha ha!

Reply
avatar
Anonymous
June 18, 2010 at 11:41 PM delete

tambah satu gan. lagu layang2.
ku ambil buluh sebatang, ku potong sama panjang....
masak panjang bisa motong. motong ya pake pisau :P
jadi yang bener
ku ambil buluh sebatang, ku potong sama pisau... :) wkwkwkwkwkwkwkwk

Reply
avatar
Anonymous
June 18, 2010 at 11:44 PM delete

trus lagu pelangi ada yang aneh lagi kok.
pelukis mu agung, sipa gerangan....
kan udah tau tuh yang lukis agung. kok masih nanya :P wkwkwkwkwkkwkwkwkwkwk...

Reply
avatar
Anonymous
June 18, 2010 at 11:53 PM delete

9. “Bintang kecil dilangit yg biru…”
Bintang khan adanya malem, lah kalo malem bukannya langit item?

yang ini juga salah kaprah n terjadi pengaburan yang benar. yang benar dan asli itu "bintang kecil di langit yang tinggi"... waktu TK dulu aku nyanyi nya gitu kok.
cuma yang jadi masalah itu amat banyak, teman ku yang nama nya amat ga banyak tuh... :p wkwkwkwkwkwk

Reply
avatar
June 21, 2010 at 9:33 PM delete

oke de.silakan cari lagu lain..

Reply
avatar
Anonymous
June 22, 2010 at 9:37 AM delete

haha mntap gan .ngakak deh gua..hha

Reply
avatar
Anonymous
August 4, 2010 at 12:54 PM delete

yg paling lucu kududuk di muka.. jiakakak....

Reply
avatar
Anonymous
August 14, 2010 at 9:22 PM delete

lagunya emang bener bos..... hijau kuning kelabu merah muda dan biru.... bos aja yang salah nulis,, ketuan kan gak lulus tk... hahahahahahaha

Reply
avatar
September 27, 2010 at 12:01 AM delete

lagu balonku nya salah tu .
hijau kuning kelabu merah muda dan biru .
bukan merah kuning kelabu merah muda dan biru .

Reply
avatar
Anonymous
October 7, 2010 at 7:29 PM delete

wkwkwwkkwkwkwkwkkk....beberapa diantaranya maksa si...trus tar ngajarin ke anak pake revisian dari loe semua yach.....?????? kan jaman sekarang gakda lagu anak2 terbaru yg sepraktis dulu...

Reply
avatar
October 29, 2010 at 2:52 PM delete

Saya punya solusi nih..
Saya punya koleksi lagu anak-anak..
Sudah ada sekitar 40 lagu..
Lagu yang edukatif, inspiratif, dan motivatif..
Khususnya bai anak-anak…sudah banyak di pakai di TK m PAUD di seluruh nusantara
Bisa ditemukan di http://www.lagu2anak.blogspot.com

Reply
avatar