Murah, Laptop Rp 300 ribuan dari India

July 26, 2010
Murah, Laptop Rp 300 ribuan dari India
Murah, Laptop Rp 300 ribuan dari India
Laptop memang sudah menjadi barang kebutuhan oleh masyarakat. Nah, kini, India sudah mengembangkan laptop yang diklaim paling murah di dunia. Perangkat komputer layar sentuh yang berharga 35 dolar AS atau sekitar Rp 300 ribuan.

India menghabiskan tiga persen anggaran tahunannya pada pendidikan sekolah dan telah meningkatkan angka melek hurufnya hingga mencakup 64 persen dari 1,2 miliar warganya.

Namun, banyak studi yang memperlihatkan tak sedikit siswa nyaris tak dapat membaca atau menulis dan kebanyakan sekolah pemerintah tak memiliki fasilitas yang memadai.

Untuk itu, India mengembangkan laptop murah ini. Laptop ini dikembangkan oleh tim dari Indian Institute of Technology and Indian Institute of Science, India. Menteri Pembangunan Sumber Daya Manusia India, Kapil Sibal pekan ini mengungkapkan perangkat komputer itu dengan harga murah yang dirancang buat siswa, dan mengatakan departemennya telah memulai pembicaraan dengan pemilik pabrik global untuk memulai produksi massal.

Sibal, dalam Reuters, mengatakan bahwa mereka telah mencapai tahap (pengembangan) yang hari ini, motherboard, chip, prosesor, konektivitasnya, semuanya secara kumulatif berharga sekitar 35 dolar AS, termasuk memori, layar, dan semuanya.

Perangkat layar sentuh tersebut dilengkapi dengan browser Internet, PDF reader dan fasilitas konferensi video. Namun, perangkat kerasnya diciptakan dengan keluwesan yang memadai untuk menggabungkan semua komponen baru sesuai dengan keperluan pemakainya. (*/opie)

sumber : inioke.com

Share this

Related Posts

3 komentar

Write komentar
July 26, 2010 at 5:58 PM delete

hy. asalkamutahuaja...

kamu ngepost disini sayakasihtahu jgag ya??

keep postiing ya.. postingnya bagus2..
keren deh..

gak kalah ama sayakasihtahu !!

Reply
avatar
July 27, 2010 at 2:47 PM delete

india adjah bsa msa indonesia gk bsa....!!!

india ajdah peduli sma rkyatnya soal pendidikan..., indonesia pemrintahnya kok gk yah..., pdahal hal yg kaya gitu tuh penting bnget bwat anak NUSANTARA yg pnya smangat blajar yg tinggi , pdahal negara kta pnya tabungan TRILLIUNAN, and tlong bwat pemrintahnya pkirin dlu yah....!!

Reply
avatar
July 31, 2010 at 9:13 AM delete

wah matap tu,,,klo di indonesia hanya mimpi aja bisa perduli sama rakyatnya,yang miskin tetap aja bodoh,,,!!!

Reply
avatar