Server Facebook Melonjak dua kali lipat

July 03, 2010

Seiring pesatnya pertumbuhan jumlah pengguna baru, jejaring sosial terbesar dunia Facebook membutuhkan makin banyak server.

Sebuah slide presentasi yang dibawakan oleh Systems Engineer Facebook, Tom Cook, di acara Velocity 2010, pekan lalu, menunjukkan grafik pertumbuhan server yang digunakan Facebook untuk melayani para pengguna di seluruh dunia. Grafik itu memang tak menyebutkan berapa jumlah pasti server Facebook.

Namun, situs DataCenterKnowledge, menyandingkan grafik itu dengan data yang diungkap oleh Vice President of Technology Facebook, Jeff Rothschild, bahwa pada November 2009 Facebook telah memiliki lebih dari 30 ribu server.

Maka, dari grafik tersebut bisa ditentukan bahwa jumlah server Facebook saat ini telah mencapai lebih dari 60 ribu server. Ini menempatkan Facebook sebagai salah satu perusahaan dunia yang menggunakan server terbanyak.

Dengan jumlah pengguna yang diyakini telah melebihi 500 juta orang, layanan Facebook memang bisa dibilang sebagai layanan yang boros server. Setidaknya 200 juta orang di seluruh dunia menggunakan Facebook setiap hari.

www.haxims.blogspot.com

Mereka melakukan berbagai aktivitas yang sangat menguras server. Menurut Vice President of Technical Operations Facebook Jonathan Heiliger, setiap hari para pengguna menghabiskan 16 juta menit di Facebook. Setiap pekan pengguna berbagi lebih dari 6 miliar konten, berupa update status, foto-foto, maupun catatan.

Untuk foto saja, ada lebih dari 3 miliar foto yang diunggah ke Facebook setiap bulan. Para pengguna Facebook melihat lebih dari 1 juta foto setiap detik. Maka, tak heran bila server facebook musti bekerja dengan beban lebih dari 50 juta operasi per detik.

Share this

Lahir di Padang, Sumatera Barat pada akhir tahun 1993, blogger rupawan ini lebih dikenal dengan nickname hideatsa. Memiliki kredibilitas yang mumpuni dalam bidang copy-paste. Meskipun tampan, ia juga baik hati dan tidak sombong.

Related Posts

1 komentar:

Write komentar
July 6, 2010 at 8:07 PM delete

buusyeet,..anggaran pertahunnya brapa tuh? sedang umum para pengguna gak mau tau..ha.ha..artikel menarik..kalo di ijinin ane copas bos..thanks..

Reply
avatar