Mengenal Lebih Dekat SMA Negeri 1 Padang, Sekolah Tahan Gempa yang Bernilai 39 Milyar

August 10, 2010
SMAN 1 PADANG

Gempa yang terjadi di Padang pada tanggal 30 September lalu memang masih menyisakan duka mendalam bagi warga kota ini. Terlebih para pelajar yang gedung sekolah mereka hancur akibat gempa tersebut.
Karena itulah, sebuah Yayasan lintas agama bernama Yayasan Tzu Chi ingin memberikan bantuan untuk membuat sekolah yang layak bagi para pelajar di kota padang. Penawaran ini disambut baik oleh Pemerintah Kota Padang. Melalui beberapa pertimbangan maka pemerintah memutuskan agar gedung sekolah tersebut nantinya akan ditempati oleh SMA Negeri 1 Padang.


Tempat Pak Gamawan Fauzi (MENDAGRI) dulunya menuntut ilmu ini di bangun diatas lahan seluas 1,2 hektar, tepatnya di kawasan Belanti kota Padang (jalan Belanti Raya). Sekolah yang diresmikan pada tanggal 7 Agustus lalu ini dibangun selama kurang lebih 9 bulan sejak peletakan batu pertama pada 10 November 2009.

SMA Negeri 1 Padang boleh dikatakan sebagai salah satu sekolah paling megah di provinsi Sumtera Barat bahkan di Indonesia. Sekolah yang disumbangkan oleh Yayasan Buddha Tzu Chi Internasional Indonesia ini di bangun dengan standard Internasional, tidak tanggung – tanggung, yayasan yang berpusat di Negara Taiwan ini mengucurkan dana 39 Milyar untuk membangun gedung lengkap dengan fasilitasnya.

Sekolah ini terdiri dari 42 ruangan belajar, sebuah gedung olahraga, mesjid, dan juga dilengkapi helipad pada bagian  atas gedungnya. Tidak hanya sebagai sarana untuk belajar mengajar, sekolah ini juga akan dijadikan sebagi tempat evakuasi (shelter) warga sekitar sekolah hingga radius 1 km. Gedung sekolah ini telah dirancang sedemikian rupa sehingga dapat menahan guncangan gempa hingga 9 skala richter.


Pintu Utama

Pintu Utama

Gedung Olahraga

Gedung Olahraga

Fasilitas Olahraga

Fasilitas Olahraga

Rumah Ibadah

Rumah Ibadah

Rumah Ibadah

Koridor

Koridor

Ruang Kelas dengan fasilitas yang memadai

Tangga Darurat (untuk evakuasi) langsung menuju lantai 4 (shelter). Terdapat pada bagian kiri dan kanan gedung sekolah.

Uji Coba Helipad pada Shelter (lt.4)

Uji Coba Helipad pada Shelter (lt.4)
Uji Coba Helipad pada Shelter (lt.4)
SMAN 1 PADANG
Semoga informasinya bermanfaat bagi Towers semua, dan semoga sekolah-sekolah dan pendidikan di Indonesia menjadi lebih baik, lebih berkualitas, dan tentunya juga terjangkau bagi seluruh golongan masyarakat. (al & os)

Share this

Related Posts

3 komentar

Write komentar
Anonymous
August 16, 2010 at 12:51 PM delete

semoga sekolah yang sudah dibangun dengan biaya mahal ini dijaga oleh para penghuni / penggunanya...jangan hanya bagus diawal pas pendirian saja, tapi juga untuk seterusnya... semoga dari sekolah ini dapat menghasilkan pelajar2 yang berprestasi internasional, karena gedung sekolahnya saja sudah bertaraf internasional...dan semoga penggunanya tidak melupakan pendirinya....

Reply
avatar
Anonymous
August 27, 2010 at 10:33 AM delete

semoga pemerintah kota padang juga menjadikan sekolah2 lain seperti ini, supaya kebijakan pemerintah tidak memihak....
semoga semakin banyak sekolah yang bersinar, tidak hanya satu...
mari kita jadikan semua sekolah di kota ini berstandar International dengan kualitas yg tak jauh beda demi kemajuan kota dan bahkan negara ini!

Reply
avatar
Anonymous
December 16, 2010 at 5:15 AM delete

keren bgt.. envy gw ga sekolah dsna.. hhe, scra udh tamat.. tmbah keren smansa, jaga baik2 ya fasilitasnya.. jgn alay.. hhe

Reply
avatar