Pidato Soekarno 'Ganyang Malaysia' Yang Membangkitkan Semangat

September 07, 2010

Pada 20 Januari 1963, Indonesia mengambil sikap bermusuhan terhadap Malaysia. Bangsa ini tidak terima dengan tindakan demonstrasi anti-Indonesia yang menginjak-injak lambang negara Indonesia, Garuda.
Untuk balas dendam, Presiden Soekarno melancarkan gerakan yang terkenal dengan nama Ganyang Malaysia. Soekarno memproklamirkan gerakan Ganyang Malaysia melalui pidato pada 27 Juli 1963. Berikut isinya:"
Kalau kita lapar itu biasa
Kalau kita malu itu juga biasa
Namun kalau kita lapar atau malu itu karena Malaysia, kurang ajar!
Kerahkan pasukan ke Kalimantan hajar cecunguk Malayan itu!
Pukul dan sikat jangan sampai tanah dan udara kita diinjak-injak oleh Malaysian keparat itu
Doakan aku, aku kan berangkat ke medan juang sebagai patriot Bangsa, sebagai martir Bangsa dan sebagai peluru Bangsa yang tak mau diinjak-injak harga dirinya.
Serukan serukan keseluruh pelosok negeri bahwa kita akan bersatu untuk melawan kehinaan ini kita akan membalas perlakuan ini dan kita tunjukkan bahwa kita masih memiliki Gigi yang kuat dan kita juga masih memiliki martabat.
Yoo...ayoo... kita... Ganjang...
Ganjang... Malaysia
Ganjang... Malaysia
Bulatkan tekad
Semangat kita badja
Peluru kita banjak
Njawa kita banjak
Bila perlu satoe-satoe!
Bisa terbakar semangat patriotisme bangsa Indonesia mendengar pidato Soekarno itu. Kedaulatan Indonesia dianggap harga mati bagi Proklamator Republik Indonesia itu.

Share this

Related Posts

12 komentar

Write komentar
September 7, 2010 at 3:16 PM delete

kok, gw jadi bener2 semangat ya ???

Reply
avatar
Anonymous
September 8, 2010 at 11:53 PM delete

Koq postingan yang ini kaeak ada unsur propokatornya yah...?

We Need a Full Peace in This World...
Say No To War...

Reply
avatar
Anonymous
September 9, 2010 at 12:08 PM delete

anonymous knp loe takut perang potong aja burung loe jd biarawan aja,, jika suatu saat pemuda pemudi indonesia harus berperang melawan bangsa2 yang menginjak martabat kita,

Reply
avatar
Anonymous
September 11, 2010 at 11:52 PM delete

SIP2 GANYANG MALAYSIA MERDEKA BANGSAKU

Reply
avatar
Anonymous
September 14, 2010 at 11:42 PM delete

guw indonesian,
guw makan karna malaysia,
guw kenyang karna malaysia,
seluruh keluarga guw hidup karna malaysia,
setengah keluarga guw malaysian,
guw kuliah karna malaysia,
dan guw kuliah di malaysia.
klu indo-mal perang,guw bingung mau pilih yang mana.
INDO-MAL..PEACE,NO WAR..PLEASE..

Reply
avatar
Danu Darmoyuwono
September 15, 2010 at 11:08 AM delete

kalau ibu kalian di injak" sama orang lain, apakah kalian sebagai anak bisa berdiam diri ?? ...

Reply
avatar
Anonymous
September 16, 2010 at 1:29 PM delete

kebodohan jgn dilawan dgn kebodohan!!
ANCUR JADINYA..

Reply
avatar
Anonymous
September 18, 2010 at 6:26 PM delete

Wah jadi semangat lagi nih
Bangga jadi orang Indonesia

Reply
avatar
Anonymous
September 20, 2010 at 1:18 PM delete

Capek deh nengok pemerintah jaman sekarang....

Reply
avatar
Anonymous
September 22, 2010 at 10:23 PM delete

"Ini dadaku, mana dadamu? Kalau Malaysia mau konfrontasi ekonomi, kita hadapi dengan konfrontasi ekonomi. Kalau Malaysia mau konfrontasi politik, kita hadapi dengan konfrontasi politik. Kalau Malaysia mau konfrontasi militer, kita hadapi dengan konfrontasi militer.” Soekarno, Presiden I Republik Indonesia"

Reply
avatar
Anonymous
October 2, 2010 at 7:15 PM delete

MMMEERRDDEEKKAA....!!!!!!

Reply
avatar
Anonymous
October 11, 2010 at 3:34 AM delete

serbu aja, banyak bacod...!!!!!!!!!!!
kpn perangnya klo rapat terus..!!!!!!

bedebah..!!!

Reply
avatar