Ponsel Terlaris di AS

February 26, 2012

Apa ponsel terlaris dan paling banyak diminati publik Amerika Serikat? Survei terbaru perusahaan riset comScore menunjukkan, tahun 2011 masih menjadi tahun milik Apple.

Dalam laporan tahunan bertajuk 2012 Mobile Future in Focus itu, Apple mendominasi penjualan smartphone tahun lalu. IPhone 4 adalah ponsel yang paling banyak dibeli, diikuti oleh iPhone 3GS dan iPhone 4S di urutan ketiga. Peringkat terakhir ini sangatlah mengesankan karena iPhone  4S saat survei dilakukan baru dua bulan dipasarkan.

Best-seller lain dalam laporan comScore adalah BlackBerry Curve 8530, keluaran RIM, yang menempati posisi ke empat. Sedang posisi kelima diduduki  HTC EVO 4G, yang berplatform Android.

Sistem operasi Android masih mendominasi pasar smartphone AS dengan pangsa pasar 47,3 persen. Sementara Apple IOS  menduduki posisi kedua dengan 30 persen.

Tapi merek ponsel bukanlah unsur paling penting yang dipertimbangkan publik AS ketika membeli ponsel. ComScore melaporkan bahwa untuk pengguna smartphone AS, sistem operasi telepon hanya sedikit di bawah kualitas jaringan dalam mempengaruhi keputusan pembelian mereka. Karakteristik penting lainnya adalah pemilihan aplikasi, biaya, dan kemampuan bermusik dan video.

Menurut comScore, kurang dari setengah pemilik ponsel memiliki smartphone. Hal ini menunjukkan, smartphone bakal menjadi ponsel masa depan.

Laporan ini berlawanan dengan riset IDC yang menyebut tahun 2011 adalah tahun bahaya bagi Apple. IDC memprediksi bahwa ponsel Android dan ponsel Windows akan terus tumbuh dalam beberapa tahun ke depan.

Di sisi lain, perusahaan riset pasar ini meramalkan bahwa tingkat adopsi ponsel Apple di seluruh dunia tidak akan meningkat. Ponsel ini hanya akan  stabil pada 15 persen sampai tahun 2015.

Share this