Basenji, Anjing yang Tidak Menggonggong

August 22, 2013
anjing-besenji
Anjing adalah hewan yang sangat akrab dengan manusia dan sering dijadikan peliharaan. Kamu pernah mendengar tentang anjing Basenji? Mungkin pernah, mungkin juga tidak. Anjing punya ekpresi ketika mereka sedang bermain dan ketika marah, yaitu dengan cara menggonggong. Berbeda dengan anjing biasanya, anjing Basenji ternyata tidak bisa mengonggong. Nah lho, kog gitu? Baca terus untuk mengetahui informasi selengkapnya.

Anjing Basenji disebut juga dengan “barkless dog” atau “voiceless dog” atau dalam bahasa Indonesia berarti anjing tanpa suara. Yang lebih unik lagi, anjing ini akan mengeluarkan suara seperti manusia menangis atau tertawa ketika mereka mengekspresikan rasa marah atau rasa senang. Selain itu, Anjing Basenji memiliki tingkah laku seperti kucing, dimana dia suka menjilati tubuhnya, dan suka termenung diam memandangi jendela seperti yang dilakukan oleh kucing.

Anjing ini memiliki ukuran yang agak kecil, dimana tengkorak kepalanya datar dan panjang serta moncongnya berbentuk bulat. Barkless Dog ini memiliki tinggi badan antara 40 cm sampai 43 cm dengan berat sekitar 11 kilogram.

Bulu di tubuhnya bertekstur halus dan pendek. Warna bulunya biasanya cokelat kemerahan, hitam, putih, atau hitam dan cokelat. Biasanya bagian dada, kaki, dan ujung ekor anjing ini berwarna putih.
Anjing Basenji disebut-sebut sebagai salah satu ras anjing tertua di dunia. Anjing ini berasal dari Afrika tengah, Basenji, dan biasanya diberikan pada para firaun sebagai hadiah pada jaman Mesir kuno. Namun, setelah peradaban Mesir berhenti, Anjing ini menjadi anjing peliharaan dan sering digunakan untuk keperluan berburu.

Pada abad ke-19, para penjelajah dari Inggris menemukan kembali Anjing Besenji ini. Voiceless Dog ini sempat dipelihara dan dikembangbiakkan hingga tahun 1940-an. Sekitar tahun 1980, Anjing Basenji hampir mengalami kepunahan karena adanya sindrom fanconi yang merupakan penyakit keturunan dari ras anjing tersebut.

Sekian dulu informasi tentang Anjing Basenji yang tidak bisa menggonggong. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat buat kamu. Jangan lupa untuk like dan membagi informasi ini pada teman-teman kamu ya.

Share this

Lahir di Padang, Sumatera Barat pada akhir tahun 1993, blogger rupawan ini lebih dikenal dengan nickname hideatsa. Memiliki kredibilitas yang mumpuni dalam bidang copy-paste. Meskipun tampan, ia juga baik hati dan tidak sombong.

Related Posts