Ini Bahayanya Mencampur Pertamax dengan Premium

July 23, 2015



Mencampur bahan bakar Premium dengan Pertamax dianggap hal yang baik dan bisa membuat mesin menjadi lebih kece padahal sebaliknya hal ini sebenarnya cukup merugikan. Adakah bahayanya bagi mesin kita? Mau tau? Nih sayakasihtahu!

Seperti yang kita ketahui pertamax merupakan bahan bakar yang harganya sedikit mahal dibandingkan dengan premium, selain itu dulu pertamax juga tidak di subsidi seperti premium. Hal utama yang menyebabkan perbedaan harga tersebut tentu saja karena pertamax menggunakan ron 92 sementara premium hanya menggunakan ron 88 yang tentunya kurang baik untuk mesin kendaran bermotor.

“Kalo sesekali sih, sebenarnya tidak terlalu bermasalah, karena perbedaan premium dengan pertamax kan di oktannya, di mana premium 88 dan pertamax itu 92,” ungkap Herman seorang teknisi mesin di salah satu bengkel di Jakarta.

Selain itu, pertamax sebenarnya lebih mempercepat pembakaran mesin. Jadi, apabila dicampur sesekali, itu tidak terlalu bermasalah. Namun, jangan terlalu sering, karena beberapa zat aditif yang ada pada pertamax, seperti anti karat, akan sia-sia fungsinya jika dicampur dengan premium yang notabene masih mengandung timbal.

Artinya, pencampuran kedua jenis bahan bakar ini hanya akan menghasilkan nilai oktan yang sedikit lebih tinggi dari premium saja. Sedangkan harga lebih tinggi yang harus dibayar menjadi kurang bermanfaat.
Bahan bakar sebaiknya disesuaikan dengan kendaraan itu sendiri. Biasanya saat membeli kendaraan baru akan ada petunjuk untuk pengisian BBM yang pas. Namun jika kamu ingin mesin kendaraanmu bertahan lama, memakai pertamax adalah saran yang paling pas karena mengandung zat yang bisa menjaga keawetan mesin.

Share this

Lahir di Padang, Sumatera Barat pada akhir tahun 1993, blogger rupawan ini lebih dikenal dengan nickname hideatsa. Memiliki kredibilitas yang mumpuni dalam bidang copy-paste. Meskipun tampan, ia juga baik hati dan tidak sombong.

Related Posts