Siap Lawan Ahok, Elektabilitas Ahmad Dhani Baru 1,5%

February 23, 2016


Jakarta - Musisi Ahmad Dhani menyatakan siap maju Pilgub DKI menantang cagub incumbent Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). Namun sejauh ini elektabilitas Ahmad Dhani masih sangat rendah, mampukah pentolah Dewa ini mendongkrak elektabilitasnya?



Dari segi dukungan parpol sebenarnya Ahmad Dhani sudah mengantongi dukungan dari PKB plus Gerindra yang juga melakukan pendekatan. Oleh karena itu musisi 44 tahun itu menyatakan siap maju Pilgub DKI.



"Saya siap saja. Nanti endingnya seperti apa, tergantung bagaimana mekanisme yang dipunyai PKB," tutur Dhani kepada wartawan di kediamannya di Jalan Pinang Emas III, Pondok Indah, Jakarta Selatan, Rabu (10/2/2016) malam.



Wajar saja Ahmad Dhani terlihat serius maju Pilgub DKI. PKB-lah yang menyebut Ahmad Dhani bakal jadi pemimpin terbaik untuk DKI Jakarta. Ahmad Dhani bahkan sudah action mengunjungi Kalijodo.



"Sampai saat ini, untuk pimpinan DKI, PKB menunjuk saya untuk menjadi pemimpin. Alasan pertama itu bagaimana masyarakat di bawah, khususnya kaum Nahdliyin bisa lebih sejahtera," ucap Ahmad Dhani.



Namun realitas di hasil survei agaknya berbeda. Survei Populi Center yang dipublikasikan Senin (22/2/2016) kemarin menunjukkan elektabilitas Ahmad Dhani baru 1,5%, tentu saja jauh dari cagub incumbent Ahok yang sudah mencapai 52,2%. Populi Center bahkan memprediksi Ahok bakal menang satu putaran.



Survei Populi Center ini dilakukan pada 13-17 Februari 2017 dengan 400 responden. Metode yang digunakan adalah wawancara tatap muka dengan tingkat kepercayaan 95% dan margin of error kurang lebih 5%.



Namun elektabilitas Ahmad Dhani ini masih sedikit di atas Sandiaga Uno, berikut tingkat elektabilitas 8 tokoh yang digadang akan mengikuti Pilgub DKI 2017 versi Populi Center:



1. Basuki Tjahaja Purnama  52,2%
2. Ridwan Kamil 12%
3. Yusril Ihza Mahendra 6%
4. Rano Karno 5,8%
5. Adhyaksa Dault 4,8%
6. Nachrowi Ramli 2,8%
7. Ahmad Dhani 1,5%
8. Sandiaga Uno 0,8%
9. Belum memutuskan 11,5%
10. Tidak menjawab 2,8% 
(van/nrl)

sumber : detik.com

Share this

Related Posts