13 Angkatan Laut Terhebat di Dunia

July 17, 2016
Peranan Angkatan Laut adalah salah satu formasi pertahanan negara disamping Angkatan Udara dan Angkatan Darat. Sebab negara yang memiliki perbatasan di wilayah laut sangat dirasakan penting untuk menjaga harta kekayaan alam, perairan teritorial, dan kedaulatan wilayah suatu negara. Bayangkan, jika pengamanan batas pantai dari pasukan khusus AL begitu lemah akan mudah dicaplok, dikuasai oleh negara-negara lain.

Membandingkan kekuatan militer 13 angkatan laut terhebat di dunia ini, pasti membuat kamu berdecak kagum terlebih jika mendengar salah satu pasukan TNI AL terbaik milik Indonesia juga masuk dalam daftar militer angkatan laut paling ditakuti dan disegani oleh seluruh dunia. 

Strategi militer, keberanian, kemampuan dan taktik perang mereka sangat canggih, sehingga wajar jika menjadi sang penguasa samudra paling hebat dan membuat pihak-pihak asing harus berpikir 100 kali lipat untuk melakukan intervensi dan mengganggu kedaulatan Republik Indonesia.


1. Rusia, Russian Navy 

Negara yang memiliki militer angkatan laut terbaik pertama adalah Rusia. Negara yang merupakan warisan dari Angkatan Laut Uni Soviet setelah berakhirnya perang dingin mulai mengembangkan alutsista pertahanannya. 

Dengan memiliki 79 kapal perang frigate berukuran sangat besar, 359 pesawat jet tempur, 28 kapal armada raksasa pengangkut kapal-kapal tempur, 33 kapal penghancur serta 271 unit kapal selam yang dilengkapi dengan senjata rudal mengerikan. 

Diketahui jumlah prajurit Russian Navy alias angkatan laut rusia mencapai lebih dari 130 ribu tentara yang siap siaga dengan kemampuan tempur terbaik mereka dan jumlah ini belum terhitung dengan pasukan cadangan Russian Navy.



2. Amerika Serikat, United States Navy (USN)
Siapa yang tak mengenal angkatan laut terhebat milik Amerika serikat ini. Soal kekuatan dan kehebatan tempurnya tak usah disangsikan lagi. Sepertinya mereka unggul dalam segala kemampuan militer mulai dari pasukan angkatan darat, angkatan udara sampai angkatan lautnya. 

Alutsista persenjataan milik U.S Navy diketahui ada 488 pesawat jet tempur, 56 kapal pengangkut helikopter, 17 kapal canggih dengan kecepatan tinggi, 272 kapal perusak armada, dan lebih dari 378 unit kapal selam. 

Sedangkan jumlah prajurit U.S Navy diketahui lebih dari 328 ribu yang rata-rata dibekali keterampilan khusus seperti mampu untuk menggunakan peralatan senjata canggih, penembak jitu, dan perancang strategi perang. 

Angka ini belum terhitung dengan pasukan cadangan sebanyak 102 ribu personil. Sepertinya kemampuan militer angkatan laut milik Amerika Serikat unggul jauh diatas angin alias menang banyak.



3. Tiongkok (Cina), The People’s Liberation Army Navy (PLAN)
Negeri tirai bambu tiongkok atau cina yang terkenal dengan kepadatan penduduknya ini juga masuk dalam daftar angkatan laut paling ditakuti di dunia. Sudah memiliki unit satuan angkatan laut sejak tahun 1989. Dengan peralatan senjata satu buah kapal pengangkut pesawat tempur, 25 kapal penghancur dan tiga buah kendaraan pengangkut amfibi. 

Daya kekuatan pertahanan militer mereka belum berhenti sampai disini. Diketahui juga mereka mempunyai 8 kapal selam bersenjata nuklir, 496 pesawat jet, 26 kapal perusak, 32 kapal pengangkut tank, 48 kapal perang jenis frigate dan 75 kapal selam unit standar, 94 pemburu kapal selam dan 109 kapal selam dilengkapi rudal. 

Sedangkan jumlah prajurit angkatan laut yang masih aktif tercatat ada 255 ribu orang. Mereka ditugaskan digarda depan perbatasan laut Tiongkok.



4. Inggris, Royal Navy (RN)
Ketangguhan serdadu Inggris memang tiada bandingnya sejak perang dunia ke 1 ataupun perang dunia ke 2. Royal Navy sebagai angkatan laut khusus Inggris memiliki perbekalan senjata 11 kapal selam teknologi terbaru yang dibekali dengan senjata nuklir paling berbahaya. 
Spesifikasi milik militer Royal Navy lainnya adalah 174 pesawat jet tempur, 19 Kapal Frigate, 3 kapal amfibi berukuran raksasa serta didukung dengan 34 ribu personil aktif tentara angkatan laut dan 10 ribu pasukan cadangan. Untuk di wilayah benua eropa sendiri, Royal Navy masuk dalam 3 besar angkatan laut paling ditakuti.


5. Militer Jepang, Japan Maritime Self-Defense Force
Sahabat kejadiananeh.com, pasti kamu tidak menyangka jika Jepang ternyata tidak memiliki angkatan laut yang terdaftar secara resmi. Di negeri Yakuza eh maaf Sakura tersebut hanya ada JMSDF (Japan Maritime Self-Defense Forc) yang dikenal sebagai lembaga pelayanan masyarakat Maritim Jepang. Inipun baru dibentuk setelah pembubaran angkatan laut kekaisaran Jepang (Imperial Japanese Navy, IJN) setelah berakhirnya perang dunia kedua.

Tugas-tugas mereka tak lain adalah patroli perairan teritorial, operasi penjaga perdamaian PBB dan menjaga kedaulatan wilayah jepang khususnya di perbatasan laut. Ada 51 ribu serdadu JMSDF yang diterjunkan untuk bersiap siaga menjaga batas-batas perairan Jepang tentunya dengan dibekali peralatan militer super canggih. 

Sampai saat ini JMSDF sendiri sudah memiliki teknologi kapal perang terbaru sebanyak 154 buah, 260 kapal raksasa pengangkut pesawat tempur, 346 pesawat jet tempur dan 48 kapal selam yang dilengkapi dengan senjata-senjata mesin serbu mengerikan.




6. Korea Utara, Korean People’s Navy (KPN)

Prajurit angkatan laut terhebat berikutnya adalah milik Militer Korea Utara. Negeri yang dipimpin oleh sang ditaktor Kim Jong Un dan jadi sahabat baik negara Rusia, Bulgaria, Kuba dan Tiongkok ini dikatakan kekuatan angkatan lautnya paling dahsyat dan paling mengerikan se Asia. 
Mereka mempunyai 70 buah kapal selam canggih, 60 ribu tentara, 708 kapal dari berbagai jenis darat dan laut, dan beberapa buah kapal rahasia dengan dilengkapi bom berdaya ledak tinggi. Begitu hebatnya sosok Korean People’s Navy dikenal paling angker bagi para negara tetangganya seperti Korea Selatan dan Jepang.

7. Iran, Islamic Republic of Iran Navy 
Negara Iran adalah salah satu negara yang memiliki kekuatan militer paling terhebat di dunia. Meski secara kemampuan personil prajurit peringkat negara ini masih kalah jauh dengan militer milik kita Indonesia, namun secara perlengkapan senjata Iran sudah selangkah di depan.

Apalagi Iran memiliki banyak sekali senjata nuklir yang membuat Liga Arab jadi kebingungan. Dukungan kekuatan Angkatan Laut Iran pun juga membuat negara ini semakin ditakuti. Diketahui saat ini Iran memiliki setidaknya 18.000 personel angkatan laut aktif. Dari jumlah itu, Iran juga melengkapinya dengan 6 kapal frigate dan 33 kapal selam yang memiliki senjata sangat mematikan.

Saat ini Iran terus ditekan oleh negara di Liga Arab karena potensi kekuatannya bisa mengganggu misi-misi mereka. Yang tentu saja mengancam keamanan negara-negara yang berbatasan langsung dengannya.

Negara tanpa Laut tapi memiliki Angkatan Laut yang Hebat
Tahukah kamu jika di dunia ini terdapat 48 negara yang sama sekali tidak punya laut atau perbatasan wilayah samudera. Negara-negara ini sering dijuluki sebagai Landlocked Country yang mempunyai arti negara yang tanahnya terkunci akibat berada di tengah daratan, berbatasan langsung dengan wilayah negara-negara disekitarnya.

Namun meski tidak mempunyai wilayah laut sama sekali dan hanya punya pasukan saja, mereka juga masuk dalam daftar terbaik dan paling disegani. Sahabat kejadiananeh.com, inilah negara tanpa laut tapi memiliki angkatan laut yang hebat selengkapnya yang dijamin membuat kamu berdecak kagum.

8. Azerbaijan
Yang pertama adalah Negara Azerbaijan, tercatat ada sekitar 6 ribu personel angkatan laut aktif dengan 33 kapal besar dan 18 buah pesawat jet tempur yang siap siaga mengamankan perairan Azerbaijan. Wilayah lautan ini sendiri dapat dikatakan boleh mengontrak dari tetangga jadi jangan tanya kenapa.

9. Kazakhstan
Sama halnya dengan Azerbaijan, Militer AL Kazakhstan juga mengontrak agar bisa beroperasi diperbatasan laut kaspia. Berdiri belum lama, dipertengahan tahun 2003. Sampai saat ini terdapat 4 ribu jumlah prajurit angkatan laut milik Kazakhstan. 
Mereka memiliki tugas langsung untuk berjaga-jaga disepanjang Laut Kaspia agar mencegah para perompak yang mencoba menyusup lewat jalur perairan. 
Untuk kemampuan militer angkatan laut Kazakhstan terdapat 1 buah kapal dengan senjata missil, 16 kapal perang besar dan dua buah pesawat jet tempur Sukhoi Su-27 yang dipesan langsung dari Rusia.

10. Bolivia
Bolivia merupakan salah satu dari beberapa negara di Amerika Selatan yang tidak memiliki wilayah samudra perairan. Negara ini sendiri terjepit di antara batas wilayah Peru dan negara Chili hingga tidak memiliki akses langsung ke Samudra Pasifik. Apalagi setelah konflik yang terjadi pada tahun 1963 silam antara negara Bolivia dan Chili. Negara ini akhirnya menjadi landlocked country dan tak bisa diubah lagi.

Akan tetapi, meski tak memiliki akses lewat Samudra Pasifik. Negara Bolivia masih memiliki Angkatan Laut yang terbilang cukup kuat. Mereka biasanya melakukan patroli di Danau Titicata dan Sungai Bolivia yang sangat panjang. Setidaknya ada 6.000 personel tentara dipersiapkan untuk melindungi kawasan negara. Pembentukan Angkatan Laut adalah simbol pantang menyerah dari Bolivia agar memiliki akses jalan ke Samudra Pasifik serta menjaga kedaulatan negaranya.
angkatan laut terhebat

11. Laos
Berbicara tentang Laos sangat unik karena negara ini menjadi satu-satunya negara di Asia Tenggara yang tidak memiliki akses sama sekali menuju lautan. Laos terjepit di antara wilayah Vietnam, Kamboja, dan Thailand. Sedangkan akses menuju ke Laut Cina Selatan atau pun Laut Andaman benar-benar tertutup. Meski demikian negara ini tak menyerah dan tetap membangun Angkatan Laut meski hanya sebatas bertugas di Sungai Mekong.

Sungai Mekong sendiri adalah salah satu jalur lalu lintas penting dalam perdagangan di Laos dan negara di sekitarnya. Banyak sekali kapal barang yang mengaku peti kemas masuk lalui jalur ini. Itulah mengapa Laos terus melakukan penjagaan di perbatasan pantai dengan sangat ketat.

Sebab, mereka tidak ingin negaranya kemasukan hal-hal mengerikan seperti perompak  yang bisa menggunakan akses jalan dari sungai yang mengalir lewat Tiongkok, Myanmar ataupun Vietnam. Luar biasa yah semangat dan optimisme dari angkatan laut Laos.

12. Paraguay
Sebagai negara yang kebetulan bertetangga langsung dengan Bolivia dan sama-sama menjadi negara landlocked. Namun Paraguay masih sedikit beruntung, ia masih memiliki akses ke laut lepas lewat wilayah sungainya yang bernama Parana. 
Untuk alutsista dan perbekalan militer Paraguay tercatat ada 3 ribu lebih jumlah prajurit aktif. Namun untuk peralatan senjata masih terbilang sedikit sekali. Sebab itu mereka lebih mengandalkan pertahanan negara melalui angkatan udara dan angkatan darat miliknya. 

13. Denjaka (Detasemen Jala Mangkara)
Inilah tentara angkatan laut kebanggaan negara kita Indonesia. Sebagai Detasemen khusus milik TNI AL, Denjaka tak sembarangan dalam memilih pasukan elitnya. Mereka mengadakan perekrutan dan proses penyeleksian ketat dari personil prajurit milik Kopaska dan YonTaifib Korps Marinir. Kemampuan Militer Denjaka sebagai 'Hantu Laut' tak hanya bisa dipakai untuk bertempur, tapi juga berperan sebagai satuan intelijen tempur yang handal.

Tak heran, jika proses pendidikan Penanggulangan Teror Aspek Laut (PTAL) sendiri hampir mencapai waktu 6 sampai 9 bulan agar memperoleh sebuah unit  pasukan Intai Amfibi yang handal, cepat,  rapih dan akurat dalam menyelesaikan suatu misi khusus yang diberikan atas perintah Panglima TNI demi memulihkan stabilitas negara.

Dan pasukan Denjaka tak hanya dikenal cakap dalam beroperasi di laut saja, mereka juga sanggup untuk melakukan pertempuran di udara maupun darat. Konon, satu prajurit Denjaka ketangguhannya sebanding dengan 120 prajurit TNI reguler/biasa.

Kemampuan lainnya juga dikenal sebagai pasukan khusus anti teror, pemukul reaksi cepat, menanggulangi sabotase di wilayah laut serta kecakapan klandestin aspek laut, sehingga sangat pantas bila pasukan elit Denjaka milik militer TNI AL Indonesia masuk dalam daftar 13 angkatan laut terhebat dan terkuat di dunia. Wow mantab pisan!

sumber: kejadiananeh.com



Share this

Lahir di Padang, Sumatera Barat pada akhir tahun 1993, blogger rupawan ini lebih dikenal dengan nickname hideatsa. Memiliki kredibilitas yang mumpuni dalam bidang copy-paste. Meskipun tampan, ia juga baik hati dan tidak sombong.

Related Posts